Satgas Puspenerbad Terima Penghargaan dari Menkominfo RI

Zonalabour.com, Jakarta – Satuan Tugas Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Satgas Puspenerbad) Papua menerima penghargaan Piagam kehormatan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny Gerard Plate, bertempat di Gedung Kemkominfo, Jl. Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat. Kamis (17/3/2022), atas keberhasilannya melaksanakan tugas misi evakuasi dan pertolongan bagi para pekerja PT. Palapa Timur Telematika (PTT) korban penembakan kelompok KST Papua saat memperbaiki Tower BTS 3 di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua beberapa waktu yang lalu.

Pemberian penghargaan dari Kemkominfo RI kepada Satgas Penerbad pimpinan Mayor Cpn Bayu Setyo Prabowo yang bertugas di Papua itu, atas dedikasi dan pengabdiannya telah membantu mengevakuasi seluruh korban penembakan KST Papua dengan Helly Bell 412EP/HA-5177 baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dari daerah Kabupaten Puncak Papua ke wilayah aman di Kabupaten Mimika dan selanjutnya para korban bisa dikembalikan ke kampung halamannya.

Dansatgas Penerbad Mayor Cpn Bayu Setyo Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemkominfo RI atas pemberian penghargaan kepada Satgas Penerbad yang bertugas di Papua.

” Membantu menyukseskan program Pemerintah dan membantu kesulitan rakyat di daerah merupakan bagian dari tugas kami seperti apa yang disampaikan dalam Perintah Harian Bapak Kasad, dan penghargaan ini akan semakin memotivasi kami lagi untuk selalu berbuat yang terbaik dan membantu masyarakat di daerah penugasan,” pungkasnya. (Christy)

Kasad Audiensi dengan Pengurus FRPKB

Zonalabour.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menerima kunjungan perwakilan pengurus Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) di Ruang Kerja Kasad Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Kamis, (17/3/2022).

Kedatangan perwakilan pengurus FRPKB dipimpin Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., selaku Ketua didampingi guru besar dari lima universitas ternama di Indonesia, yaitu Prof. Dr. Ir. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Prof. Dr. Fathur Rokhman, M. Hum., dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof. Ganefri, Ph.D dari Universitas Negeri Padang (UNP), dan Prof. Dr. Hurhasan dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Prof. Karomani mengungkapkan, audiensi ini dimaksudkan untuk mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Jenderal Dudung dalam menjaga keutuhan bangsa, sehinga sosok Jenderal Dudung menjadi inspirasi untuk bisa memberikan pencerahan kepada mahasiswa melalui pendidikan bela negara untuk kepentingan bangsa dan berharap ada kerja sama antara TNI AD dengan perguruan tinggi dalam membentuk karakter bangsa.

Dalam audiensi tersebut Kasad menyampaikan keprihatinannya mengenai dampak perkembangan radikalisme yang mulai memapar mahasiswa hampir di semua perguruan tinggi. Harus disadari bahwa mahasiswa milenial (Generasi Z) tumbuh secara instan di era digital dengan kecepatan dan keterbukaan informasi serta minimnya pemahaman terhadap sejarah bangsa. Negara Indonesia dibangun dari perbedaan yang menumbuhkan rasa nasionalisme untuk membela bangsa dan negara dari berbagai ancaman dari luar (eksternal) seperti menghadapi penjajah dan menyikapi lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI. Sangat dikhawatirkan jika semangat bela negara generasi muda justru melemah saat menyikapi perkembangan munculnya ancaman dari dalam (Internal) yang mengancam keutuhan negara.

Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. A. Karomani, M.Si., menyerahkan buku Bunga Rampai Pancasila yang ditulis bersama oleh para Rektor FRPKB kepada Jenderal Dudung dan sebaliknya Jenderal Dudung membagikan buku Dudung Abdurachman Membongkar Operasi Psikologi Gerakan Intoleransi kepada seluruh perwakilan pengurus FRPKB. (Christy)

Bangun Sinergi Kemitraan dengan Awak Media, Pendam Jaya gelar Ngopi Bareng

Zonalabour.com, Jakarta – Ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, Pendam Jaya membangun sinergi dengan menjalin silaturahmi untuk memperkuat hubungan dengan awak media bertempat di Aula Media Center Kodam Jaya, Cililitan-Jaktim, Rabu, (16/3/2022).

Agenda ini digelar dengan konsep Ngopi Bareng bersama Awak Media yang dihadiri oleh Ketua PWI Jaya Bapak Sayid Iskandarsyah didampingi pengurus PWI, dan 30 rekan media yang berasal dari media elektronik, cetak dan online.

Mengawali acara Ngopi Bareng Awak Media Triwulan I TA 2022 Kapendam Jaya Letkol Cpm Dwi Indra Wirawan memberikan salam Pancasila kepada peserta yang hadir. Dalam sambutannya Kapendam menyampaikan pentingnya kegiatan ini, selain untuk berbagi informasi dan menerima saran masukan tentang kegiatan publikasi juga dapat menpererat jalinan silaturahmi, memperkuat kebersamaan antara insan media dengan Pendam Jaya.

“Kedepannya kegiatan serupa akan rutin dilakukan, tantunya konsep akan berbeda-beda, tidak perlu harus serius pertemuan kita, harus santai dan nyaman, yang terpenting harus bermanfaat” terang Kapendam.

Ketua PWI Jaya Bapak Sayid Iskandarsyah dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan “Ngopi Bareng Awak Media”, ini merupakan contoh positif yang telah dilakukan oleh Pendam Jaya dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan media, kata Pak Sayid.

Dikesempatan itu pula Ketua PWI mengajak kepada awak media yang hadir untuk mengutamakan profesionalitas insan pers dalam bekerja. “Kita berharap insan media hendaknya miliki badan hukum, mengikuti uji kompetensi wartawan dan mendaftarkan diri sebagai anggota di organisasi Pers seperti PWI, hal ini tidak ada ruginya, akan sangat berguna dikemudian hari bagi awak media sendiri”, himbau Ketua PWI Jaya.

Untuk itu Wartawan perlu memiliki sertifikasi begitupun perusahaan persnya. Sebab, jika nanti terjadi permasalahan atau komplain dari narasumber jika perusahaan yang belum terverifikasi, dampaknya wartawannya bisa pidana. Berbeda jika perusahaan itu telah terverifikasi maka hanya akan dilakukan pemanggilan oleh dewan pers,” jelas Sayid

Konsep ngopi bareng dianggap sangat tepat karena kegiatan dapat berlangsung dengan santai, penuh keakraban serta menghasilnya saran masukan yang sangat membangun bagi kedua belah pihak.

Selama kegiatan Ngopi Bareng Awak Media berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan, suasana semakin akrab dan santai saat sesi tanya jawab. Dengan saling berbagi informasi dan memberikan masukan yang membangun dapat memberikan dampak positif untuk kemajuan publikasi di Jajaran Kodam Jaya. (Christy)

Danlanal Sabang Berikan Motivasi Calon Prajurit TNI AL Panda Sabang

Zonalabour.com, Sabang – Komandan Lanal Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., didampingi Palaksa, Ka Akun, Pgs. Pasminlog, dan Ketua Werving Panda Sabang memberikan motivasi kepada Calon Prajurit TNI AL Panda Sabang, bertempat di Loby Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampoeng Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Senin (13/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Sabang juga menyampaikan hasil Sidang Rakorset pemanggilan seleksi tingkat pusat Calon Bintara PK dan Calon Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA 2022
Panda Lanal Sabang yang dinyatakan lulus seleksi tingkat daerah dan dipanggil mengikuti seleksi tingkat pusat di Satdik I Tanjung Uban.

“Selamat kepada 9 Calon Bintara PK dan 10 Calon Tamtama PK Panda Lanal Sabang yang telah dinyatakan lulus seleksi tingkat daerah, selanjutnya kalian akan mengikuti seleksi tingkat pusat di Satdik I Tanjung Uban, oleh karena itu persiapan fisik dan mental serta tetap jaga kesehatan karena nantinya kalian akan bersaing dengan Calon Prajurit TNI AL dari Panda lain. Tampilkan yang terbaik dan maksimalkan setiap tahapan tes yang diujikan agar hasilnya dapat memenuhi syarat untuk menjadi Prajurit TNI AL, serta bawa nama baik Panda Lanal Sabang” ujar Danlanal Sabang.

“Jangan lupa minta doa restu dan dukungan dari orang tua dan keluarga agar apa yang menjadi impian kalian dapat terwujud dengan baik sesuai dengan harapan,” pesan Kolonel Ardhi Sunaryo.

Diakhir pertemuan tersebut, Danlanal Sabang berpesan “Masih ada waktu untuk membenahi diri sebelum berangkat mengikuti seleksi tingkat pusat di Tanjung Uban, untuk itu dihimbau agar calon terus membina fisik dan jaga kesehatan serta jaga pola hidup sehat. Saya Selaku Ketua Panda Lanal Sabang mendoakan semoga kalian dinyatakan lulus menjadi Prajurit TNI AL, namun apabila nantinya ada yang dinyatakan tidak lulus agar jangan putus asa dan tetap semangat karena perjalanan hidup kalian masih panjang.”

Dalam perekrutan Calon Prajurit TNI AL agar benar-benar menyeleksi dan melihat potensi yang dimiliki calon karena sesuai pesan dan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional. (Iws)

Keluarga Besar Lanal Sabang Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H

Zonalabour.com, Sabang – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 Masehi yang diikuti seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil, serta Anggota Jalasenastri Cabang 3 Korcab I DJA I yang beragama Islam, bertempat di Lounge Room Teuku Umar Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampoeng Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Kamis (17/3/2022).

Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., dan Saritilawah PHL Shelli Apriana, dilanjutkan dengan Shalawat Badar, sambutan Komandan Lanal Sabang, dan Hikmah Isra Mi’raj yang disampaikan oleh Ustadz Tengku Syarkawi.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., mengatakan bahwa, peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 Masehi yang diselenggarakan ini pada hakikatnya merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan pembinaan Prajurit dan PNS Lanal Sabang beserta keluarga yang bertujuan untuk meningkatkan derajat keimanan dan ketakwaan.

Dengan mengangkat tema “Hikmah Isra Mi’raj Dalam Kehidupan Prajurit TNI”, sangatlah sesuai dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa, loyalitas, moralitas, dan integritas untuk menjadi Prajurit TNI dan PNS yang bermental tangguh serta beriman teguh, sebagai landasan dalam mewujudkan TNI yang Kuat, Hebat dan Profesional dalam menjalankan pengabdian kepada negara dan bangsa”, tegas Komandan Lanal Sabang.

Hal tersebut selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pengabdian sebagai Prajurit Jalasena yang memegang teguh nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL.

Kegiatan dihadiri oleh, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (KH) Husni, S.Ag., Karumkital J. Lilipory Sabang Mayor Laut (K) Sofyan Ali Basyit, Sp.BA., Dandenpomal Lanal Sabang Mayor Laut (PM) Hengki Ade Setiawan, S.H., Paspotmar Lanal Sabang dr. Eko Tjandra Aprilianto, Danunit Intel Lanal Sabang Kapten Laut (E) Punto Pundowo, Pgs. Pasprograr Lanal Sabang Kapten Laut (S) Mahdani, S.H., Perwira Staf, Bintara, Tamtama, Ibu Ketua Jalansenastri Cabang 3 Korcab I dan anggota Jalasenastri Cabang 3 Korcab I.

Pelaksanaan Peringatan Isra Mi’raj dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (Iws)

Jaring Calon Prajurit Berkualitas, Aspers Kasal Laksanakan Pengecekan Hasil Pantukhirda Panda Sabang Melalui Vicon

Zonalabour.com, Sabang – Komandan Pangkalan TNI AL Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., selaku Ketua Panda Sabang menghadiri Video Conference (Vicon) pengecekan hasil pelaksanaan Sidang Penentuan Akhir Daerah (Pantukhirda) Calon Bintara PK dan Calon Tamtama PK TNI Angkatan Laut Gelombang I TA 2022 yang dipimpin oleh Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi secara virtual, bertempat di Lounge Room Teuku Umar Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampoeng Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (09/03/2022).

Vicon kali ini diikuti oleh Panitia Penerimaan (Panda) Lantamal I Belawan, Panda Lantamal II Padang, Panda Lantamal IX Ambon, Panda Lantamal XI Merauke, dan Panda Lanal Sabang, dengan menghadirkan secara langsung para Calon Prajurit baik Caba PK Pria, Caba Wanita, dan Cata PK TNI AL Gelombang I TA 2022.

Untuk Panda Sabang, jumlah yang lolos seleksi hingga tahap Pantukhirda sebanyak 19 orang, dengan rincian Caba PK Pria sebanyak 9 orang dan Cata PK sebanyak 10 orang.

Danlanal Sabang menyampaikan bahwa vicon ini bertujuan untuk mengecek dan melihat secara langsung potensi yang dimiliki Calon Prajurit TNI AL agar dapat menjaring Calon Prajurit yang berkualitas.

Lebih lanjut Danlanal Sabang menyampaikan bahwa vicon ini juga adalah sesuai dengan arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono untuk menyeleksi putra-putri terbaik asal daerah setempat untuk dijadikan Prajurit TNI Angkatan Laut yang handal sebagai Pengawak Kapal Perang (KRI) dan Prajurit Marinir yang nantinya akan ditempatkan di daerah asal ataupun daerah lainnya diseluruh jajaran TNI Angkatan Laut yang ada di Indonesia.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Sabang selaku Ketua Panda Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T. M.M., Karumkital J. Lilipory Sabang selaku Katim Kesehatan Mayor Laut (K) dr. Sofyan Ali Basit, Sp.BA., Pgs. Pasminlog Lanal Sabang selaku Katim Rikmin Kapten Laut (T) Punto Pandowo, Dansub Unit Teknis Unit Intel Lanal Sabang selaku Katim Mental Ideologi Lettu Laut (KH) Rudi, dan Katim Werving Panda Sabang Letda Laut (T) Muliadi, A.Md. (Rd)

Kasad Launching Seragam Baru PDL TNI AD dan Perkenalkan Ambulans Babinsa

Zonalabour.com, Jakarta – Penampilan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E.,M.M., dan beberapa pejabat utama TNI AD pada acara Rapim TNI AD TA 2022 yang digelar di Mabesad, Rabu (2/3/2022) terlihat berbeda. Hal ini terlihat saat mengenakan Loreng PDL TNI AD dengan motif baru.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan bahwa seragam baru Pakaian Dinas Lapangan (PDL) TNI AD yang baru merupakan rancangan dari Kasad terdahulu Jenderal TNI Andika Perkasa yang sudah dilakukan penyempurnaan.

Motif PDL yang baru terlihat lebih segar dan cerah sehingga membawa aura dinamis. Semangat ini diharapkan mampu mendorong perkembangan organisasi TNI AD yang modern dan adaptif dengan perkembangan global.

Hal menarik lainnya dalam Rapim TNI AD juga dilaunching kendaraan bermotor Ambulance hasil inovasi Korem 151/Binaiya Kodam XVI/Pattimura yang diperuntukkan bagi Babinsa sebagai ujung tombak penanganan pandemi Covid-19 yang dinamakan Ambulance TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat. Kendaraan bermotor hasil inovasi ini juga bisa mengangkut pasien dalam keadaan darurat dan memerlukan penanganan secara secara dini.

“Ambulance Babinsa ini secepatnya akan diproduksi dan didistribusikan ke seluruh wilayah dan akan digunakan oleh Babinsa,” ujar Kasad.

Rapim TNI AD yang bertemakan “Prajurit Sejahtera dan Profesional Sebagai Pilar TNI AD Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Rapim TNI-Polri yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo yang sehari sebelumnya (1/3/2022) digelar di Mabes TNI Cilangkap, dengan tujuan untuk menyampaikan visi, misi, dan pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD kepada seluruh Pangkotama/Kabalakpus jajaran TNI AD agar dalam pelaksanaan anggaran TA. 2022 dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan dan sasaran yang sudah ditetapkan.

Acara Rapim TNI AD diawali dengan kegiatan foto bersama selanjutnya pembukaan oleh Kasad dilanjutkan penyampaian paparan Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran TNI TA. 2021 oleh Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E.,M.Si., dilanjutkan dengan paparan tentang Radikalisme di Wilayah Kodam IV/Diponegoro yang disampaikan oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto. Selanjutnya pada kesempatan tersebut juga dipaparkan tentang Penanganan Konflik di Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih yang disampaikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M, serta penyampaian tentang Food Estate di Wilayah Kodam VI/Mulawarman oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, M.Tr. (Han).

Kasad mengatakan beberapa langkah strategis juga akan dibahas dalam Rapim TNI AD di antaranya mengantisipasi perkembangan situasi global yang sedang terjadi saat ini akibat dampak pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, serta dampak dari konflik internasional Ukraina dan Rusia sehingga tentunya akan berpengaruh pada kehidupan dan perekonomian nasional secara menyeluruh.

“Termasuk juga akan dibahas langkah-langkah strategis percepatan vaksinasi dan membantu pemerintah daerah di bidang ketahanan Pangan dalam rangka pemulihan perekonomian nasional, “ujar Kasad.

Dalam rangkaian Rapim TNI AD juga
digelar acara penandatanganan Kontrak pembangunan rumdis SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AD dengan PT. PLN (Persero) dan PP. Perpamsi serta Kontrak Munisi dengan PT. Pindad TA. 2022. (Christy)

Deteksi Dini dan Cek Kondisi Kesehatan, Personel Lanal Sabang Laksanakan Urikes Rutin

Zonalabour.com, Sabang – Dalam rangka deteksi dini dan untuk mengetahui kondisi kesehatan, prajurit dan PNS Lanal Sabang melaksanakan urikes rutin bertempat di Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) J. Lilipory Sabang, Jalan Teuku Cik Ditiro, Gampoeng Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (02/03/2022).

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., menyampaikan bahwa “Kegiatan urikes rutin yang dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk mendeteksi dini dan mengetahui kondisi kesehatan masing- masing individu. Selain itu, urikes rutin juga sebagai persyaratan administrasi bagi personel yang akan melaksanakan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) dan kelengkapan persyaratan tes masuk pengembangan pendidikan.”

Hal ini selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Adapun teknis pelaksanaan urikes dibagi dalam beberapa gelombang menyesuaikan jadwal yang telah ditentukan mulai tanggal 21 Februari hingga 3 Maret 2022. Untuk pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi laboratorium darah dan urine untuk HIV dan Narkoba, mata, gigi, rekam jantung (EKG) dan rontgen. Dari hasil urikes tersebut bisa diketahui apabila ada yang mempunyai gejala penyakit dan gangguan kesehatan sehingga dapat diambil tindakan cepat dan tepat agar tidak semakin memburuk.

Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) J. Lilipory Sabang Mayor Laut (K) dr. Sofyan Ali Basit, Sp., BA., mengatakan bahwa “Urikes rutin ini untuk deteksi dini dan mengetahui kondisi kesehatan personel Mako Lanal Sabang, apakah ada gejala dan ganguan kesehatan. Sehingga dapat diambil tindakan cepat dan tepat untuk pencegahannya”.

“Diharapkan kesadaran personel Mako Lanal Sabang semakin tinggi dalam menjaga kesehatan pribadi yang berguna dalam mendukung tugas pokok di kedinasan,” ujar dr. Sofyan. (Iws)

Danrem 032/WBR Dampingi Kepala BNPB Tinjau Lokasi Terdampak Gempa

Zonalabour.com, Jakarta – Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto mendampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., saat meninjau langsung Kampuang Aur, nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman dan Kampung Tengah, Kajai, Pasaman Barat yang merupakan daerah terdampak paling berat akibat gempa 6,2 SR yang terjadi Jumat yang lalu (25/2/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala BNPB Letjen Suharyanto menjelaskan kunjungan BNPB ke lokasi gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat untuk memastikan penanganan korban gempa dapat tertangani dengan baik sesuai ketentuan berlaku.

“Kunjungan kita ke Pasaman dan Pasaman Barat bertujuan untuk memastikan penanganan korban gempa dapat tertangani dengan baik,” ucapnya saat meninjau lokasi gempa yang berada di Malampah, Kabupaten Pasaman. Sabtu (26/2/2022)

Lebih lanjut, Letjen Suharyanto menambahkan setelah meninjau daerah yang terdampak gempa bumi, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan melibatkan TNI, Polri, BPBD, dan relawan untuk menentukan langkah penanggulangan gempa.

“Bupati Pasaman telah menetapkan daerah tanggap darurat selama 14 hari, sehingga kita bisa masuk,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam kunjungan tersebut, Letjen Suharyanto menjelaskan rumah dengan kerusakan ringan akan di bantu perbaikannya oleh Pemkab.

“Untuk rumah dengan keadaan rusak ringan, akan dibantu perbaikannya oleh Pemkab masing-masing kabupaten, rumah yang rusak sedang akan dibantu perbaikannya oleh Pemprov Sumbar. Sedangkan rumah dengan keadaan berat di bantu oleh pemerintah pusat melalui BNPB dengan Kementerian terkait,” jabarnya.

Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Purmanto dalam kesempatan tersebut menambahkan, TNI AD dan Pemkab akan menyediakan kebutuhan yang sangat urgent seperti, tenda, makanan dan kesehatan.

“Kita berusaha memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, seperti penyediaan tenda, makanan dan pelayanan kesehatan,” ucapnya.

Disinggung tentang pertanian masyarakat yang terdampak gempa, Brigjen TNI Purmanto akan menggandeng pemkab dalam hal pendataan lahan pertanian yang terdampak.

“Kita akan melakukan pendataan lahan warga yang yang terdampak bencana, dan akan ditindak lanjuti bersama,” ucapnya.

Bupati Pasaman H. Benny Utama yang hadir pada saat itu, menambahkan, Nagari Malampah merupakan daerah yang terdampak berat akibat gempa bumi yang telah terjadi.

“Di Nagari Malampah, terdapat seribu rumah yang rusak berat dari tiga ribu rumah yang ada di Nagari Malampah. Selain itu, warga yang meninggal di daerah ini berjumlah 5 orang dan luka berat berjumlah 6 orang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Benny Utama memaparkan pada saat ini kebutuhan logistik di daerah yang terdampak bencana sudah terpenuhi.

“Kita telah membuka penampungan logistik makanan bagi masyarakat yang di pusatkan di Kantor Kecamatan Tigo Nagari. Saat ini kita berusaha memenuhi kebutuhan tenda untuk pengungsi,” tutupnya. (Christy)

Libur Akhir Pekan, Pangkalan TNI AL Sabang Tidak Kenal Lelah Berikan Vaksinasi Maritim

Zonalabour.com, Sabang – Guna mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19, Pangkalan TNI AL Sabang tidak kenal lelah dalam memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim di Rumkital J. Lilipory Sabang, Jalan Teuku Cik Ditiro, Gampoeng Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Minggu (27/02/2022).

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., menyampaikan bahwa “Tim Kesehatan Rumkital J. Lilipory Sabang tanpa kenal lelah dan libur akhir pekan terus memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat maritim yang belum melaksanakan vaksin, baik dosis pertama, kedua, maupun ketiga (Booster)”.

Pada serbuan vaksinasi kali ini, Tim Nakes Rumkital J. Lilipory yang dipimpin oleh Karumkital J. Lilipory Mayor Laut (K) dr. Sofyan Ali Basit, Sp.BA., berhasil memvaksin sebanyak 16 orang menggunakan Vaksin Pfizer dosis ketiga (Booster), dengan rincian Prajurit Lanal Sabang sebanyak 15 orang dan KBT sebanyak 1 orang.

Pelaksanaan vaksinasi maritim ini merupakan tindak lanjut dari instruksi dan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Pangkalan TNI AL membantu pemerintah daerah setempat dalam pengananan dan percepatan vaksinasi Covid-19. (Iws)