PON Kutuk Keras Tindakan Kekerasan Tentara Israel kepada Wartawan

Zonalabour.com, Jakarta – Pewarta Online Nusantara (PON) mengutuk keras tindakan tentara Israel yang menembak wartawati Shireen Abu Aqleh, kemarin, di Tepi Barat Palestina.

Wartawan yang sedang menjalankan tugasnya tidak semestinya mendapat perlakuan demikian.

“Di Israel, atau di mana pun berada, wartawan atau pewarta harus dilindungi hak-haknya. Sebab dia sedang bekerja, menjalankan profesinya,” ujar Ketua Umum PON Iwan Hartawan, dalam keterangannya di Jakarta Kamis (12/5/2022).

Israel, menurut Hartawan, mestinya mengetahui hal itu. Jangan justru wartawan dijadikan target.

“Jurnalis sebagai garda terdepan melakukan tugas yang mulia mengambil peliputan dan merekam gambar untuk diinformasikan kepada khalayak yang ingin mengetahui situasi dan keadaan perang sudah berlangsung bertahun-tahun,” tukas Hartawan.

“Apalagi Shireen Abu Aqleh kan sudah menunjukkan identitasnya. Itu terlihat pada dadanya (rompi bertuliskan ‘PRESS’),” katanya.

PON pun meminta kepada segenap wartawan atau awak media untuk ikut berempati atas kejadian yang menimpa Shireen Abu Aqleh ini. Agar ke depannya, tidak ada lagi wartawan yang menjadi korban, hanya karena ia menjalankan tugasnya.

Hal yang sama dikatakan Sekjen PON Sonny Eko Kussetyawan, S.Sos bahwa tugas jurnalis di medan perang sangat berisiko tinggi. Apalagi kejadian yang menimpa jurnalis senior Shireen berada di wilayah antara Israel dan Palestina yang merupakan rawan terjadi tembak menembak antarkedua negara itu.

“Dengan kejadian ini, kami Pewarta Online Nusantara mengutuk tentara Israel yang telah menembak jurnalis Shireen Abu Aqleh. Ini merupakan perbuatan yang keji dan tidak berperikemanuasian dan meminta dunia Internasional untuk mengecam keras tindakan Israel,” tandas Sonny.(Sys)

Sejumlah Ormas, PA 212, GNPF Ulama, FPI, Apresiasi Pemerintah Indonesia yang Tegas Membela Palestina

Zonalabour.Com, Jakarta – Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas), baik PA 212, GNPF Ulama dan Front Persaudaraan Islam (FPI) mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang tegas membela Palestina dari serangan agresi militer penjajah Israel ke Masjid Al-Aqsha.

Dalam konferensi pers tersebut, Ketua GNPF-Ulama, Yusuf Muhammad Martak mengajak seluruh pihak untuk menyerukan para pemimpin dunia Islam bersatu menggalang kekuatan dari segala potensi baik politik, ekonomi, mau pun diplomasi internasional
melawan penjajah Israel.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang tegas membela Palestina. Kami juga mengajak para pemimpin dunia Islam bersatu menggalang kekuatan dari segala potensi baik politik, ekonomi, mau pun diplomasi internasional melawan penjajah Israel,” papar Yusuf Muhammad Martak di Resto Seeng Nini, Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (21/5/2021).

Pada kesempatan itu, Yusuf Muhammad Martak yang didampingi Ketua Umum DPP FPI, KH Awit Mashury dan Ketua Umum PA 212, Slamet Ma’arif membacakan pernyataan sikap bersama ormas dan tokoh masyarakat Islam terkait serangan teroris Israel ke Masjid Al Aqsha dan Gaza di Palestina, yakni:

1. Mengutuk keras beberapa serangan biadab penjajah Israel ke Masjid Al-Aqsha, Umat
Islam Di Tepi Barat dan Agresi Militer ke Gaza Palestina, Serangan biadab zionis Israel ke Masjid Al-Aqsha telah menodai kesucian tempat ibadah sekaligus mempertunjukkan pelanggaran secara terang-terangan terhadap prinsip-prinsip hukum internasional yang terkandung dalam Piagam PBB dan terhadap hukum internasional lainnya. Terutama keputusan UNESCO tahun 2016 yang menetapkan Aqsha merupakan situs suci umat Islam.

2. Mendesak lembaga-lembaga internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),
Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Liga Arab dan Komunitas HAM internasional untuk segera bersidang dan mengambil langkah konkret untuk menyelamatkan Masjid
Al-Aqsha dan Palestina kemudian menjatuhkan sanksi atas terorisme Israel.

3. Menyerukan dan mengajak para pemimpin dunia Islam untuk bersatu menggalang
kekuatan dari segala potensi baik politik, ekonomi, mau pun diplomasi internasional
melwan penjajah israel yang sering kali melakukan tindakan biadab, membunuh Umat Islam Palestina dan mengotori kesucian Masjid Al Aqsha.

4. Mengajak seluruh Umat Islam se-dunia untuk bersama-sama mendukung dan menghormati perjuaangan rakyat Palestina, membebaskan Palestina dari penjajah Zionis Israel.

5. Menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang telah bersikap tegas mengecam serangan Israel ke Palestina. Kami berharap pemerintah RI dapat sesegera mungkin melakukan pembelaan terhadap Palestina sekaligus menggalang diplomasi internasional agar memberikan sanksi kepada zionis israel yang telah melakukan kejahatan kemanusiaan dan melanggar konvensi internasional.

6. Mengajak seluruh elemen bangsa Indonesia untuk membantu perjuangan Palestina dengan kemampuan yang kita miliki (Jiwa, Harta dan doa).

7. Mengajak umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia untuk terus mendoakan saudara-saudara kita di Palestina seperti qunut nazilah.

8. Mengajak Takmir Masjid/DKM seluruh Indonesia untuk mengisi Khutab Jum’at dengan tema Pembelaan terhadap Masjidil Aqsa dan Palestina secara umum.

9. Mengajak umat Islam Indonesia untuk melakukan penggalangan dana, memberikan bantuan kemanusiaan seperti mengirimkan obat-obatan, bahan makanan dan lainnya ke palestina melalui lembaga- lembaga kemanusiaan yang terpercaya.

Demikian pernyataan sikap bersama ini kami buat untuk menjadi perhatian. Semoga Allah
SWT kuatkan dan menangkan muslimin Palestina dari penjajah Israel. Aamiin Yaa Rabbal Alamin. HW

Pernyataan Sikap Forum Zakat (FOZ) di Indonesia Menyikapi Memburuknya Krisis Kemanusiaan di Gaza, Palestina

Zonaindonesia.ID Jakarta – Konflik antara Israel dan Palestina semakin memanas sejak Senin, 10 Mei 2021. Peningkatan eskalasai konflik ini tidak terlepas dari tindakan penggusuran Tentara Israel di wilayah Sheikh Jarrah, tidak jauh dari kompleks Masjid Al-Aqsa, sehingga menyebabkan munculnya aksi damai warga.

Tindakan kekerasan berlebihan dari tentara Israel terhadap peserta aksi damai tersebut yang akhirnya memicu meningkatnya eskalasi perang.

Korban warga sipil terus berjatuhan, dilansir dari menurut laporan CNBC, lebih dari 200 warga Palestina meninggal dan hampir 60 ribu orang mengungsi saat serangan udara pasukan Israel di Gaza sementara menurut Aljazeera, sedikitnya 219 orang Palestina, termasuk 63 anak-anak telah meninggal di Gaza sejak kekerasan mulai terjadi pada 10 Mei. Sementara 1.500 warga Palestina lainnya luka-luka.

Sementara itu, 12 warga di Israel meninggal, termasuk 2 anak dan 300 orang mengalami luka-luka. Hingga pernyataan sikap ini dikeluarkan, penyerangan Israel ke Jalur Gaza Palestina masih berlanjut.

Sebagaimana telah diketahui, telah dicapai kesepakatan gencatan senjata antara Pihak Palestina dan Israel.

Kesepakatan ini harus ditindak-lanjuti dengan berbagai upaya yang dipandang perlu untuk memberikan pertolongan, penyelamatan, dan pemulihan trauma bagi warga sipil dan kalangan paling rentan terdampak kekerasan.

Menyikapi perkembangan terkini di Palestina, Forum Zakat (FOZ) yang merupakan asosiasi organisasi pengelola zakat yang beranggotakan 163 lembaga dari berbagai latar belakang dan skala menyatakan sikap sebagai berikut:
Menyambut baik penghentian aksi kekerasan melalui kesepakatan gencatan senjata antara pihak Palestina dan Israel dan mendesak agar disegerakan segala upaya untuk memberikan pertolongan mengurangi penderitaan, dan menangani trauma yang dialami warga sipil, anak-anak, perempuan, dan lansia akibat rangkaian kekerasan yang terjadi.

Megutuk keras atas tindakan kekerasan bersenjata yang dilakukan tentara Israel di wilayah Gaza serta Yerusalem Timur, Palestina,tentang hak asasi manusia dan nilai-nilai kemanusiaan warga sipil Palestina yang dilakukan oleh Israel.

Tindakan kekerasan, diskriminatif, bahkan menjurus pada praktek apartheid di wilayah Palestina adalah pelanggaran atas Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia tahun 1948 yang menjadi konsensus global atas penghormatan dan perlindungan hak manusia, terutama di situasi konflik bersenjata.

Mendukung langkah diplomasi pemerintah Indonesia selaku anggota dewan HAM PBB 2020-2022 pada pertemuan Dewan Keamanan PBB terkait aksi penggusuran dan kekerasan bersenjata, praktek diskriminatif menjurus pada apartheid yang dilakukan Israel dan berencana membawanya menjadi salah satu agenda pada pertemuan Dewan Keamanan PBB dan mendorong peran aktif pemerintah
Mendukung setiap upaya pemerintah Indonesia agar bantuan kemanusiaan dapat segera dibuka dan dikirim secara langsung kepada masyarakat terdampak di wilayah Gaza maupun Yerusalem Timur.

Mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengirimkan doa sekaligus memberikan dukungan moril melalui saluran-saluran sosial media agar konflik yang terjadi di Palestina segera berakhir dan dukungan materil melalui Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota FOZ. Saat Prescon Di hotel Sofyan, jl Cut Mutia, Menteng Jakarta Pusat. Jumat (21/5/2021).

Sekilas tentang Forum Zakat
Forum Zakat adalah asosiasi organisasi pengelola zakat yang berdiri sejak 1997 dan menaungi sebanyak 166 OPZ di seluruh Indonesia dari berbagai latar belakang dan skala organisasi. Sebagai asosiasi organisasi pengelola zakat, Forum Zakat memiliki fungsi advokasi khususnya pada isu-isu kemanusiaan yang berhubungan dengan pelanggaran hak asasi manusia khususnya mustahik baik di dalam maupun luar negeri.

(TK)

Seorang Youtuber Joseph Paul Zhang Mengaku Sebagai Nabi ke 26 Hina Agama Islam dan Tantang Polisi

Zonalabour.com – Seorang Youtubers yang bernama Joseph Paul Zhang menistakan agama Islam dengan mengaku sebagai nabi ke-26 dan menghina Nabi Muhammad serta menghina Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diunggah melalui akun Youtube milik nya.

Penistaan tersebut disampaikan melalui akun Youtube milik nya yang diunggah dalam sebuah forum diskusi Zoom, yang berdurasi cukup panjang yaitu sekitar tiga jam dua puluh menit.

Tak hanya menistakan agama Islam dengan mengaku sebagai nabi ke-26 diri nya juga menantang untuk dilaporkan kepihak kepolisian sebagai penista agama, “Yang bisa laporin gua kepolisi gua kasih uang lo, yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nabi ke-26, Zoseph Fauzan Zhang meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabulullah”, kata nya dalam akun tersebut.

Bahkan Josep juga menantang untuk dilaporkan kepihak kepolisian dan berjanji akan memberi sejumlah uang kepada siapa saja yang bisa melaporkan dirinya kepihak kepolisian dengan tuduhan penistaan agama, “Kalo Anda bisa laporan atas penistaan agama gua kasih loh satu laporan satu juta maksimum lima laporan, supaya jangan bilang gua ngibul kan, jadi kan lima juta di wilayah polres berbeda”, kata Joseph dalam video unggahan nya Sabtu (17/04/2021).

Dalam unggahan yang di beri judul ‘Puasa Lalim Islam’ tersebut Josep juga menghina Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan menyebut kalau Allah sedang dikunci di Ka’bah hingga mengatakan bahwa umat Islam dibodoh-bodohi oleh ulamanya, salah satunya mengenai tindakan rudapaksa.

Didalam vidio yang diunggah melalui kanal Youtube nya Joseph mengatakan mengapa perbuatan rudapaksa di Arab Saudi hanya minim kasusnya, “Makin beragama makin tinggi pemerkosaannya, di Arab itu lebih banyak pemerkosaan, cuma beda nya kalo di Arab datanya kecil kenapa? Karena kalo kamu lapor kamu yang dicambukin”, kata nya.

Dia juga mengungkapkan bahwa umat Islam tidak mengerti tentang hal rudapaksa, “Kalo kamu diperkosa kamu lapor di Arab kamu malah dicambuk, makanya kelihatan datanya kecil, goblok orang Islam memang gak ngerti ngituan”, ungkap nya.

Joseph juga mengatakan bahwa mereka yang membodohi umat Islam dalah para ulama nya sendiri, bahkan Joseph menuding Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin membodohi dan menipu umat Islam, “Orang yang pintar, orang Islam yang pintar kemudian menipu kalian yang goblok, kayak Sandiaga Uno ini, Si Ma’ruf Amin ini”, katanya.

Lebih lanjut Joseph mengatakan bahwa para ulama yang berpendidikan tinggi sudah mengtahui kalau Allah umat Islam itu maha biadab, “Para ulama-ulama yang sekolah nya pintar-pintar mereka tahu Allah Islam itu maha cabulullah dan maha biadap”, katanya.

Josep juga menghina Allah Subhanahu Wa Ta’ala saat membahas ibadah puasa diakun Youtubenya, ia menuding hal ini terjadi karena firman Allah yang dianggapnya sesat, “Gila ya Masya Allah, biadabnya Allahnya Islam ini, maha biadab Allah dengan segala firman cabulullahnya”, ucapnya.

Terkait aktivitas Joseph sebgai seorang Apologet Kristen dalam sebuah blog pribadinya yang menerangkan biografi singkatnya dia mengaku, sering mewartakan Injil dan mengajarkan iman Kristen melalui artikel-artikel, buku-buku, seminar, serta melalui jejaring media sosial.

Joseph juga mengklaim dirinya telah membabtis ratusan umat muslim yang telah disadarkan dengan pewartaan Injil.
(JS)

Malaysia Kucurkan Rp 928 Triliun Bantuan Ekonomi Hadapi Corona, Dari Pemotongan Biaya Listrik Hingga Internet Gratis; Indonesia Berapa dan Apa Saja?

ZONALABOUR.COM, JAKARTA – Pemerintah Malaysia akan mengucurkan anggaran sebesar 250 miliar ringgit atau setara dengan Rp 928 triliun (Rp 3.713/ringgit). Anggaran ini untuk paket stimulus ekonomi untuk menanggulangi wabah virus corona. Hal ini diumumkan oleh Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Jumat (27/3/2020).

Nantinya, anggaran ini akan dialokasikan untuk beberapa sektor. Di mana 128 miliar ringgit digunakan untuk melindungi kesejahteraan rakyat, 100 miliar ringgit digunakan untuk mendukung bisnis seperti usaha kecil dan menengah.

Sebelumnya, Senin (23/3/2020), Pemerintah Malaysia juga telah mengumumkan alokasi total 600 juta ringgit untuk Departemen Kesehatan guna membeli peralatan medis dan menambah perawat.

Sebelumnya telah diumumkan kontribusi Dana Pegawai yang berusia di bawah 55 tahun, dapat menarik 500 ringgit hingga 12 bulan. Alokasi 130 juta ringgit juga juga telah diumumkan dan akan didistribusikan secara merata ke semua negara bagian, seperti dimuat The Star.

Ada pun alokasi paket stimulus tersebut akan diberikan kepada Kementerian Kesehatan sebesar 500 juta ringgit untuk meningkatkan pasokan peralatan medis dan sumber daya manusia.

Pemerintah juga akan menaikkan tunjangan khusus untuk para petugas kesehatan dari 400 ringgit menjadi 600 ringgit sebulan dari 1 April hingga pandemik berakhir.

Tunjangan tambahan sebesar 200 ringgit juga diberikan kepada petugas garda depan seperti polisi, imigrasi, dan Departemen Bea Cukai. Sebesar 1.600 ringgit akan diberikan dalam bentuk bantuan untuk rumah tangga dengan penghasilan di bawah 4.000 ringgit. Sebesar 200 ringgit akan diberikan satu kali pada siswa yang terdampak.

Mulai April hingga berakhirnya masa lockdown atau movement control order (MCO), internet akan digratiskan. Pemerintah juga mengalokasikan dana sebesar 530 juta untuk memberikan potongan 15 hingga 50 persen penggunaan listrik selama enam bulan. Pemerintah juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk menanggung biaya tes skrining Covid-19 dengan anggaran 8 juta ringgit.

Selain itu, dana tersebut juga dialokasikan untuk bantuan bagi UMKM dan para pekerja informal.

Terkait, Pemerintah Indonesia bakal kembali mengalokasikan anggaran tambahan pada paket stimulus ketiga untuk meredam dampak virus corona. Dalam dua stimulus yang sudah diluncurkan beberapa pekan lalu, total pemerintah sudah menggelontorkan anggaran mencapai Rp 158,2 triliun.

“Pemerintah terus dampingi komponen ekonomi kita agar tetap mampu bangkit dan selesaikan masalah ini,” kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, dalam konferensi pers online bersama BNPB di Jakarta, Kamis, (26/03/2020). [PT]

Pushidrosal Perkuat Tim Nasional Landas Kontinen Indonesia Ajukan Perluasan Landasan Kontinen Kawasan Utara Papua Di PBB

ZONALABOUR.COM, NEW YORK – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) memperkuat Tim Nasional Landas Kontinen Indonesia presentasi di hadapan Komisi Batas Landas Kontinen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) submisi landas kontinen Indonesia di luar 200 mil laut untuk segmen utara Papua di Markas PBB New York.

Delegasi Pushidrosal dipimpin oleh Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos.,S.H., M.H didampingi Kasubdis BDB Pushidrosal Letkol Laut (KH) Dikdik Satria Mulyadi, S.Si., M.T.

Tim Nasional Landas Kontinen Indonesia telah melakukan presentasi awal dari submisi landas kontinen Indonesia di luar 200 mil laut untuk segmen utara Papua.

Presentasi dilakukan di hadapan Komisi Batas Landas Kontinen Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations – Commission on the Limit of the Continental Shelf).

Di depan United Nations Commission on the Limits of the Continental Shelf (UN CLCS) atau Komite PBB mengenai Landas Kontinen, Indonesia mengajukan proposal perluasan landas kontinen di kawasan utara Papua.

Presentasi disiapkan dan disampaikan oleh anggota perwakilan Tim Nasional Landas Kontinen, yang terdiri dari unsur Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Kementerian Luar Negeri.

Presentasi disampaikan secara komprehensif, meliputi aspek-aspek lokasi/peta perluasan wilayah Landas Kontinen, uji geologi, verifikasi dan jenis-jenis data, tidak adanya klaim tandingan (absence of dispute), serta metode dan hasil survey. Keputusan akhir atas proposal Indonesia akan diumumkan setelah UN CLCS mengkaji aspek legal dan teknis.

Kapushidrosal Laksda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S. Sos., S.H., M.H., sebagai Chief of Hydrographer turut memberikan presentasi bersama dengan pimpinan K/L lainnya.

Dalam presentasinya, Kapushidrosal menyampaikan bukti-bukti berdasarkan data batimetri yang mendukung bahwa Euripik Rise merupakan kepanjangan alami dari daratan Papua di sebelah Utara sehingga Indonesia berhak untuk mengajukan batas Landas Kontinen lebih dari 200 NM di wilayah Utara Papua seluas 196,568.9 Km2.

Tanggapan dari Komisi disampaikan pada saat sesi diskusi yang dilaksanakan setelah presentasi. Secara umum, Komisi menerima terhadap Partial submission yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan akan memberikan tanggapan dalam sidang Sub-Komisi beberapa waktu ke depan.

Sebagai perbandingan, pada saat Indonesia melakukan Submisi pertama tahun 2008 untuk wilayah Barat Laut Sumatera, baru pada tahun 2011 Komisi memutuskan bahwai Indonesia berhak untuk melaksanakan penarikan ulang batas Landas Kontinen di wilayah Barat Laut Sumatera tersebut.

Ket gambar : Tim Nasional Landas Kontinen Indonesia setelah sidang Presentasi Submisi Indonesia di PBB New York, Amerika Serikat