by

Peran Kaum Muda Dalam Membangun E Democracy

 

 

ZONALABOUR.COM,JAKARTA- 
Tema :”Peran Generasi Milenial dalam Membangun e-Democracy” Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (BAKTI) dan DPR RI mengadakan seminar merajut nusantara ,melalui aplikasi Zoom Meeting dan di siarkan langsung via YouTube SwaraSenayan http://www.youtube.com/watch?v=mTsdOyJkTwA, Kamis/08 Juli 2021.

Bersama Narasumber
Dr. Azis Syamsuddin selaku
Wakil Ketua DPR RI,Yuliandri Darwis,Ph.D Selaku Ketua Dewan Pakar ISKI dan Edward Rasyid selaku pengamat sosial budaya.

Aziz Syamsudin selaku narasumber pertama mengatakan ,”Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah merambah ke semua dimensi kehidupan manusia, sejak bangun tidur hingga tidur kembali,aktivitas modern ini memiliki ketergantungan dengan perangkat TIK.

Sejak dinamika politik ,Pemilu 2014 ,rangkaian Pilkada di Indonesia sangat di pengaruhi oleh perangkat TIK dan di sinilah peranan e Democrazy atau demokrasi digital dalam proses pembangunan politik di Indonesia.

Generasi milenial sangat penting peranan nya dalam keberlangsungan hidup berbangsa,memiliki fungsi sebagai kekuatan moral serta agen perubahan sosial. Saat ini generasi milenial menjadi kelompok masyarakat sipil yang miliki jangkauan luas dan sumber daya potensial sebagai pengawal demokrasi agar tertata dengan baik.

“Secara umum generasi milial di harapkan tidak terpancing menjadi agen politik yang mudah sebarkan informasi yang belum jelas kebenaran nya.tutup Aziz.

Yuliandri Darwis,Ph.D Selaku Ketua Dewan Pakar ISKI selaku narasumber kedua mengatakan “di Indonesia ada 85% desa/kelurahan yang tidak terjangkau layanan 4G ,Program BAKTI dari Kominfo ini sangat baik untuk menjangkau desa/kelurahan yang belum ada internet.

Indonesia di dominasi Gen Z dan milenial ,sensus penduduk 2020 mencatat total populasi Indonesia mencapai 270,2 juta ,naik 32,6 juta di bandingkan 2010.

Total pengguna internet di Indonesia sebanyak 202 juta dan Generasi Z dan milenial menjadi generasi terbanyak di Indonesia .tutupnya.

Narasumber terakhir oleh
Edward Rasyid selaku pengamat sosial budaya,beliau katakan bonus demografi menjadi bonus untuk Indonesia,karena di situlah anak muda berperan untuk membangun bangsa.

Anak muda berkreatiflah di masa pandemi ini karena banyak ruang ruang ide untuk di kembangkan .

TIK sebagai alat untuk mendorong kaum muda agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai media informasi,produktif dan memanfaatkan sebagai media pendidikan politik di era digital.

“Jangan men-share informasi sembarangan,kita harus menyaring nya dulu jangan sampai berita itu hoak.tutup nya.

Comment

News Feed