by

Rapat Pleno KPU Jaksel Secara Daring (Online)

 

 

ZONALABOUR.COM, JAKARTA– KPU Kota Jakarta Selatan kembali Menyelenggarakan Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Bulan Oktober Tahun 2020 Secara Virtual, Kamis/15 Oktober 2020.

Rapat Pleno terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari SE KPU RI No: 181/PL-02.I-SD/01/KPU/II/2020. Perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2020, yang diterbitkan tanggal 28 Februari 2020. Dalam surat Edaran tersebut KPU Kab/Kota wajib menyelenggarakan rapat koordinasi dan rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan secara rutin pada tiap bulan.

Dalam rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bulan Oktober tahun 2020 dengan para stakeholders dan para pimpinan partai politik tingkat kota Jakarta Selatan yang dimoderatori oleh Bapak Faisal selaku Kasubbag Program dan data KPU Kota Jakarta Selatan, dihadiri antara lain oleh:

1. Ibu Deti Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta
2. Bapak Partono Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta divisi data
3. Ketua dan anggota KPU kota Jakarta Selatan
4. Sekretaris beserta jajaran Sekretariat KPU Kota Jakarta Selatan
5. Kasdim 0504/JS
6. Perwakilan Polres Metro Jakarta Selatan
7. Kabag Tapem Kota Jakarta Selatan
8. Perwakilan Sudin Dukcapil Kota Jakarta Selatan
9. Perwakilan Kesbangpol kota Jakarta Selatan
10.Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Jakarta Selatan
11. Para pimpinan Partai Politik tingkat Kota Jakarta Selatan

Adapun tujuan Rapat Pleno ini adalah untuk menetapkan jumlah pemilih di kota Jakarta Selatan berdasarkan proses pemutakhiran daftar pemilih sampai dengan tanggal 15 Oktober tahun 2020, sekaligus diharapkan akan mendapatkan respon balik dari para pemangku kepentingan dan pimpinan partai politik di wilayah kota Jakarta Selatan terhadap data pemilih yang telah dimiliki oleh KPU kota Jakarta Selatan, sehingga diharapkan akan terjadi proses updating data dan tentunya akan mengurangi tingkat error’/invalid pada data pemilih dimaksud.

Rapat koordinasi yang dibuka secara resmi sekaligus dipimpin langsung oleh ketua KPU Kota Jakarta Selatan Bapak Agus Sudono tersebut berlangsung secara kondusif dan interaktif. Terdapat beberapa masukan dan informasi dari pihak terkait, antara lain:

1. Ibu Deti
– KPU DKI Jakarta mengucapkan selamat atas penghargaan yang diberikan oleh KPU RI mengenai nominasi 8 besar terkait inovasi dalam pendataan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang diraih oleh KPU kota Jakarta Selatan.
– KPU dki berharap KPU kota Jakarta Selatan bisa masuk nominasi 5 besar, 3 besar bahkan menjadi yang terbaik untuk ke depannya.

2. Bapak Barizi ( Komisioner KPU Kota Jakarta Selatan)
– Kami telah melakukan sinkronisasi data pilih berkelanjutan sampai dengan bulan Oktober tahun 2020.
– kami ucapkan rasa terimakasih yang sebesar besarnya atas kerjasama dan dukungan yang sangat optimal selama ini sehingga KPU kota Jakarta Selatan memperoleh penghargaan nominasi 8 besar dalam hal inovasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan .
– Kami harapkan agar para Stakeholders dan pimpinan partai partai politik dapat selalu melakukan sinergi dengan KPU Jakarta Selatan terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.
– kami juga sedang mempersiapkan penggunaan media website agar masyarakat dapat berinteraksi aktif mensukseskan program pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota Jakarta Selatan.
– KPU kota Jakarta Selatan juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui forum RT RW yang difasilitasi oleh pemerintah kota administrasi Jakarta Selatan.
– masih terdapat beberapa persen gap data, semoga dengan kerjasama yang baik bisa kita minimalisasi jumlahnya.
– terimaksih juga kami ucapkan kepada parpol yang sudah mengirimkan data kepengurusan terbaru, dan bagi parpol yang belum menyerahkan data kepengurusan terbaru agar segera mengirimkan data dimaksud.

3. Kasdim 0504/JS
– kami kodim 0504/JS mengucapkan selamat dan mengapresiasi yang setinggi tingginya atas penghargaan yang telah diperoleh KPU kota Jakarta Selatan.
– agar forum ini selain untuk menjadi ajang pleno penetapan daftar pemilih berkelanjutan juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar stakeholders dan partai partai politik.

4. PDIP kota Jakarta Selatan
– Selamat kepada KPU Kota Jakarta Selatan atas perolehan prestasinya terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota Jakarta Selatan.
– PDIP selalu mendukung program kerja yang ada di KPU kota Jakarta Selatan.

5. Gerindra kota Jakarta Selatan
– gerindra kota Jakarta Selatan mengucapkan selamat kepada KPU Jakarta Selatan atas pencapaian prestasinya terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota Jakarta Selatan
– kami sekaligus memperkenalkan diri selaku kepengurusan baru Gerindra kota Jakarta Selatan dan data kepengurusan terbaru segera kami kirim ke KPU kota Jakarta Selatan .

6. Ketua Bawaslu Kota Jakarta Selatan
– selamat dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran KPU kota Jakarta Selatan dalam hal pencapaian prestasi terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di wilayah kota Jakarta Selatan.
– walaupun demikian ada beberapa data yang masih harus kita koreksi dan pelajari bersama .
– tetap semangat dalam menjalankan tugas dan selalu patuhi protokol kesehatan yang ada.

Dalam rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bulan Oktober tahun 2020 dan sekaligus rapat pleno yang ke 7 ini, KPU Kota Jakarta Selatan dalam hal ini diwakilkan oleh Ketua KPU kota Jakarta Selatan, Bapak Agus Sudono memutuskan sekaligus menetapkan total jumlah pemilih per tanggal 15 Oktober tahun 2020 di wilayah Kota Jakarta Selatan adalah sebanyak 1.695.181 pemilih terdiri dari 840.309 pemilih laki-laki dan 854.872 pemilih perempuan.

Comment

News Feed