by

Jika Iuran BPJS Kesehatan Tak Diturunkan, Buruh Ancam Gelar Demo

ZONALABOUR.COM, JAKARTA – Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan bakal kembali menggelar aksi unjuk rasa soal penolakan kenaikan iuran jaminan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Demo akan kembali digelar jika Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak menggubris penolakan mereka.

Wakil Presiden KSPI, Isfan Abdullah mengatakan, untuk saat ini para buruh akan membubarkan diri. Keputusan itu diambil setelah Kemenkes menerima tuntutan yang disampaikan perwakilan buruh.

“Langsung membubarkan diri, sudah selesai. Tinggal nanti mereka respons atau tidak. Kalau tidak respons, ada dua hal, demo lagi atau gunakan hukum,” kata Isfan saat ditemui di Kantor Kemenkes, Jakarta, Kamis (6/2) kemarin.

Isfan mengatakan, tidak ada tenggat waktu untuk pemenuhan tuntutan buruh. Namun KSPI sudah berencana menggelar aksi serupa pada bulan Maret untuk menagih janji Kemenkes.

Dalam aksi kali ini, para buruh menyatakan dua tuntutan. Pertama, mereka menolak kenaikan iuran BPJS dua kali lipat yang telah berlaku sejak 1 Januari 2020.

Kemudian buruh juga menuntut hak pelayanan BPJS bagi pekerja setelah di-PHK hingga menjadi penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan. (KRO/RD/CNN)

Comment

News Feed