by

Bawaslu DKI Jakarta Luncurkan Buku Evaluasi Kinerja Pengawasan Pemilu

ZONALABOUR. COM, JAKARTA – Acara berlangsung di Lumire Hotel, Mangga Besar Kota, Jakarta Kota, Jumat (19/12/2019),

Dalam kesempatan sambutannya, Ketua Bawaslu DKI Muhammad Jufri menyatakan tentang penyusunan buku, dan dirangkum sehingga nantinya bisa menjadi evaluasi.

Di buku ini terdapat tahapan yang sudah dilakukan Bawaslu dan KPU pada pemilu kemarin,Ini juga menjadi buku bunga rampai yang akan dibagikan nanti.

“Dalam Pemilu 2014 Bawaslu menerbitkan buku pengawasan partisipatif saja. Semua tergantung adanya anggaran yang tersedia. 2017 Bawaslu hanya fokus pada Jurnal Bawaslu,” ungkapnya.

Ditambahkan M. Jumri, Minggu depan akan melaunching sejarah Bawaslu, latar belakang dan Kiprah Bawaslu pada Pemilu 2014, Pilkada 2017 dan Pemilu 2019.

Menurutnya Bawaslu sekarang ini bisa menorehkan pada buku tentang sejarah kepemiluan yang bisa dibaca oleh publik, apa saja yang dilakukan dalam pengawasan Pemilu kemarin.

Siti, Komisioner Bawaslu DKI mengatakan bahwa

“Kiprah kami dalam pemilu akan kami buat dalam bentuk buku. Buku ini hanya cuplikan cuplikan apa yang kami kerjakan dalam proses kepemiluan sehingga masyarakat bisa memahami secara komprehensif apa yang kami lakukan dalam pengawasan kepemiluan yang tertuang dalam buku tersebut.” ujar Siti, Komisioner Bawaslu DKI.

Kenapa kehumasan dan hubungan kelembagaan itu penting, jadi kita harus melakukan tindakan pencegahan dalam tindakan pelanggaran pemilu.

Acara dilanjutkan pemaparan oleh Puadi selaku komisioner Bawaslu DKI divisi penindakan.

Beliau mengatakan bahwa cukup luar biasa di sentra gakumdu, bahwa di DKI hanya ada 27 laporan, dan ini cukup tinggi. Terkait adanya laporan masyarakat pun, kita sudah memproses semua yang telah dilaporkan.

Banyak kasus yang terjadi dalam hal ini, harus memanggil saksi- saksi, jika pertama, kedua, ketiga dipanggil tidak hadir, maka ini menjadi kelemahan dan tidak bisa dilakukan sekali proses.

Dari fungsi tugas Bawaslu DKI yakni adanya kordiv penyelesaian sengketa yakni Mahyudin beliau memaparkan materinya bagaimana kinerja divisinya dalam kepemiluan kemarin, Bawaslu DKI Jakarta bisa melakukan tugas tugasnya dengan baik pada pemilu kemarin.

Menurutnya, Pemilu yang dilakukan kemarin adalah perjalanan demokrasi yang baik dan bisa berjalan dengan proses yang baik,Pengawas Pemilu dilatarbelakangi dari era reformasi yang telah berjalan.

Bahwa terkait kecurangan dan pelanggaran akan selalu kita temui dalam proses pemilu.

Menurutnya semua orang boleh tau aturan dan UU kepemiluan baik apa yang mereka lakukan dalam kepemiluan.

Masyarakat seharusnya juga ikut melakukan kontrol pada proses pemilu ini tidak serta Merta mengandalkan kepada Bawaslu, sehingga diharapkan masyarakat terlibat aktif dalam pengawasan pemilu dan demokrasi.

Acara ini juga di hadiri oleh M Afifudin selaku anggota Bawaslu RI, Ketua Bawaslu dan anggota Se kota/kabupaten se DKI Jakarta, KPU DKI Jakarta, perwakilan kepolisian, kesbangpol DKI Jakarta, Panwascam Kordiv SDM se DKI Jakarta, Perwakilan BEM se DKI Jakarta, Pengurus Parpol,Ormas, media.

Bersama Rakyat Awasi Pemilu
Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. (AW)

Comment

News Feed